ハリスBlog

Belajar mendengar, melihat & menulis

September 16, 2008

Awas Ada Setan!!!

Peringatan di atas bukanlah judul sinetron atau film layar lebar, bukan pula canda atau senda gurau belaka. Setan adalah musuh abadi bagi manusia, celakanya musuh yang satu ini tidak terlihat & terdengar oleh panca indera kita bahkan mereka mampu melihat kita dari suatu tempat tanpa kita sadari. Mereka senantiasa mengamati gerak-gerik kita, mencari kesempatan sekecil apapun untuk menjerumuskan manusia. Sungguh tidak ada musuh bagi manusia yang paling berbahaya melainkan setan. Maka kenalilah musuh kita, bukan untuk disayangi tapi supaya kita mampu memberikan perlawanan yang setimpal.

Setan berasal dari kata kerja syathana yang bermakna menyalahi atau menjauhi. Setan artinya pembangkang atau pendurhaka. Secara istilah, setan adalah makhluk durhaka yang perbuatannya selalu menyesatkan dan menghalangi manusia dari jalan kebenaran (al-haq). Makhluk durhaka seperti ini bisa dari bangsa jin dan manusia (QS114:1-6/QS6:112). Makhluk yang pertama kali durhaka kepada Allah adalah iblis. Maka iblis itu disebut setan. Keturunan iblis yang durhaka juga disebut setan (QS2:36/4:118).

Sekilas saja mengenai sejarah iblis, nenek moyangnya setan. Sebelum menjadi pembangkang & pendurhaka sejati, iblis adalah makhluk yang taat beribadah kepada Tuhannya. Namanya pun cukup ‘indah’ yakni Azazil. Menurut perawi hadist terkenal, Thawus al-Yamani, azazil adalah salah satu kelompok malaikat yang dikenal sebagai jin, tak ada yang lebih pintar atau lebih banyak pengetahuannya selain azazil. Ketika dia durhaka kepada Allah, Allah melaknatnya dan menjadikannya setan dan menamakannya iblis.

Strategi setan dalam menyesatkan manusia sangat canggih dan beragam. Setan dari bangsa jin ini mampu masuk ke dalam diri manusia, membisikkan sesuatu yang jahat dan membangkitkan nafsu yang rendah (syahwat). Selain ‘bergerilya’ dari dalam diri manusia, setan juga rajin berkelana di luar tubuh manusia, menjadikan wanita, harta, tahta, pangkat dan kesenangan duniawi lain sebagai perangkap. Kesenangan duniawi itu dihiasi sedemikian menariknya hingga manusia tergoda, terlena, tertutup mata hatinya, lalu memandang semua yang haram jadi halal dan yang halalpun jadi haram.

Semakin tinggi ‘tingkatan’ atau level iman & amal seorang manusia, makin tinggi pula tingkatan setan yang menggodanya. Setan membisikkan 'nasehat' kepada orang tersebut agar berlaku seolah-olah dialah yang paling khusyu ibadahnya, dan akhirnya membuatnya tenggelam dalam ibadah yang berlebih-lebihan. Misalnya orang yang biasa puasa sunnah senin-kamis, dibisikkan agar puasa setiap hari bahkan tidak berbuka.

Bagi manusia yang level iman & amalnya biasa-biasa saja, tingkatan setan yang menggodanya juga biasa-biasa saja. Setan membisikkan kepada orang tersebut agar malas beribadah atau setidaknya walaupun orang tersebut beribadah, nilai pahalanya-pun berkurang, karena rendah kualitas ibadahnya. Misalnya setan membisikkan orang tersebut agar menunda-nunda sholat, akhirnya sholat dilaksanakan di akhir waktu.

Prinsip setan mirip peribahasa, “tidak ada rotan, akarpun jadi”. Hebat bukan?

Bahaya semakin bertambah karena setan memiliki bala tentara bukan hanya dari bangsa jin melainkan juga dari bangsa manusia juga. Bahkan tingkah laku setan jenis ini semakin hari semakin menjadi-jadi. Mereka namakan judi sebagai kuis sms berhadiah atau arisan, suap dinamakan hadiah, tari striptease sebagai kreatifitas seni & budaya. Ada pula yang membolehkan minuman keras di tempat dingin, ada yang membolehkan wanita muslim dinikahkan tanpa wali. Ada pula yang selalu membela aliran sesat, dimana ada kesesatan pasti tak kan absen dibelanya. Ada pula yang mengaku sebagai aktivis perempuan, ternyata sangat mendukung jika ada perempuan berjalan berlenggak-lenggok dengan memamerkan pusar & lekak-lekuk tubuhnya. Lebih dahsyat bukan?

Maka berhati-hati & tetap waspadalah terhadap setan!

Jadikanlah bulan penuh rahmat ini sebagai 'latihan' untuk membelenggu setan, dengan banyak-banyak berbuat amal kebajikan dan lebih mendekatkan diri kepada Allah swt, sehingga Allah swt melindungi dan menutup celah-celah yang dapat dimanfaatkan oleh setan untuk menjerumuskan kita.

“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Muslim)

Amin..!

Labels:

15 Comments:

Blogger Oeoes said...

pertamaxx pluss dulu ya....komentar selanjutnya setalah baca, hehehe *peace*

September 17, 2008 at 2:57 AM  
Anonymous cumie said...

halah kang oeoes =))
saya termasuk dapat gangguan setan yang biasa-biasa aja nih hihihi ;))
**padahal emang males-malesan** =))

September 17, 2008 at 3:34 AM  
Blogger namaku wendy said...

hiii ada setan, kabur ah!!!

September 17, 2008 at 10:18 AM  
Blogger `.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said...

setan :(

atut.....:((

:D kk makasih ya dach mampir :)

September 17, 2008 at 2:03 PM  
Blogger Bunda Rierie said...

wahhhhhhhhhhhhhhh bunda takut..udah semalam mimpi seremmmm, jadi tambah takuttt

September 17, 2008 at 3:04 PM  
Anonymous Ani said...

Betul tuh mas, setan itu ada di mana-mana, bahkan kadang menyelinap di hati kita....karena itu kita harus selalu waspada...

September 17, 2008 at 10:25 PM  
Blogger gus said...

tausiah yang mantab. meski dengan bagasa yang ringan...seep Kang

September 18, 2008 at 4:19 AM  
Anonymous nandien said...

nasihat yang menyejukkan di siang hari :)

September 18, 2008 at 1:41 PM  
Blogger h4rIsS said...

@ Oeoes
mana commentnya :)

@ Cumie
idem kang..

@ namaku Wendy
diikutin setan tuh :p

@ Gelly
hehe..

@ Bunda Rierie
Foto setan lucu khan?

@ Ani
stubuh mbak, waspadalah..waspadalah..!

@ Gus
asal ngoceh aja koq kang

@ Nandien
sejuk di siang hari? bacanya di ruangan AC ya :p

September 18, 2008 at 8:32 PM  
Blogger `.¨☆¨geLLy¨☆¨.´ said...

kk kalender di sampiNg bagus bNgtt ngttt

mau duNk kak...^_^ heEehe :D

September 19, 2008 at 8:34 PM  
Blogger Hellen said...

setan kalau punya blog PR nya pasti tinggi...blogwalkingnya non stop.... ngalahin blogger2 sekarang.... :))

September 20, 2008 at 11:52 AM  
Anonymous perempuan said...

akuinginkomentar ^____^

nah loo... ada setan tapi mana setannya?? jangan2 yang pny blog ini yach..

*kaburrrrrrrrrr...

September 20, 2008 at 1:15 PM  
Blogger White_Angelzzz said...

aloaloalo!!

aq ada hadiah nie,, ke blogq yah!

bisa diambil kapan aja tapi klo sempat diambil secepatnya,,

tengs!

September 20, 2008 at 1:48 PM  
Anonymous FaLLa said...

sedang menunggu sang setan merah mengamuk memakan si ular merda...
mau ikut nobar ga mas..!!
di jakarta hari ini di cafe 2C Coffe & Cuisine, Lantai Dasar Citywalk Cityloft..

dag dig dug jebur nih....
derby selalu bikin tensi darah naik tiba2.. :D

Forza Milan

September 28, 2008 at 4:57 PM  
Blogger Abu sigly Ahlussunnah waljamaah said...


terimakasih infonya nih salam sukses sobat muslim
pesawat tempur tercanggih
foto boboyboy air dan api
batu badar emas dan khasiatnya
batu bacan obi asli
manfaat buah jagung untuk kesehatan
manfaat buah saho
manfaat mengkudu bagi kesehatan
batu akik kalimaya
jembatan alami terpanjang didunia
batu biduri bulan dan cara membedakan hihihi,,seramm ah ada setan

September 6, 2015 at 8:14 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home