ハリスBlog

Belajar mendengar, melihat & menulis

September 29, 2008

‘Indahnya’ Tempat Sujudku

Masjid atau mesjid merupakan tempat ibadah umat islam, berakar dari kata sajada yang berarti sujud atau tunduk. Mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Setiap muslim paling sedikit 17 kali menundukkan hati & wajahnya, serendah-rendahnya bersujud di ‘hadapan’ Sang Pencipta Alam Semesta. Sudahkah di negeri yang mayoritas muslim ini, masyarakatnya memperhatikan tempat sujudnya?

Beberapa waktu yang lalu, ketika berbuka puasa di suatu kawasan tempat makan di bilangan tebet. Lagi-lagi menemukan fenomena ‘tempat sujud’ yang tidak layak dan terkesan ala kadarnya. Bayangkan…’Tempat sujud’ tersebut hanya mampu menampung 2 shaf yang masing-masing berisi 4 orang. Jemaah pria & wanita dicampur tanpa sekat. Tempat wudhunya pun berfungsi sekaligus sebagai kamar mandi beserta ‘wc’ nya, jadi bukan tempat yang diperuntukkan khusus untuk berwudhu. Padahal orang yang mengantri untuk sholat, cukup banyak, tapi sayang sekali perhatian pengelola tempat makanan tersebut terhadap fasilitas untuk beribadah konsumennya yang mayoritas muslim masih sangat rendah sekali. Tujuannya hanyalah mengeruk keuntungan sebanyak-banyaknya, sangat menyedihkan sekali..

Benar-benar mengherankan hal ini bisa terjadi di negeri dengan 85% populasinya adalah muslim...setiap muslim menyadari bahwa sujud adalah posisi dimana seorang hamba dalam keadaan sangat dekat dengan PenciptaNya, tempat seorang hamba mengadu, mencurahkan segala keluh kesahnya, menyandarkan asa & harapnya hanya kepada Allah swt.

Lalu...telah memudarkah rasa peduli terhadap tempat-tempat sujudnya, di segenap hati umat muslim?

Wallahu alam bish-shawab.

Labels:

11 Comments:

Anonymous falla said...

saya juga kadang suka sedih sama diri sendiri, yang jelas untuk merubah itusemua harus berawal dari diri sendiri..!!
dan ada niat selalu memakmurkan Rumah-rumah Allah.
postingan yang bagus brather,,
lumayan untuk memberi charge pada yang baca..

September 29, 2008 at 6:46 PM  
Blogger JoVie said...

Ironis sekali memang keadaan kayak gitu terjadi di negri kita...
moga aja deh kalo nanti aku punya rumah makan sendiri/ supermarket gede bisa menyediakan tempat shalat yang besar....,
seperti tempat shalat di supermarket2 daerahku...Amin

September 29, 2008 at 10:05 PM  
Blogger Defi said...

Mmg hal2 yg spt itu krg diperhatikan oleh banyak pengusaha di Indonesia..mgkn krn kebanyakan pengusaha2 itu bukan muslim ya?

September 30, 2008 at 6:14 AM  
Blogger Bunda Rierie said...

inilah indonesiaku, tempatku dilahirkan..aneh tp nyata

September 30, 2008 at 9:07 AM  
Blogger RainTurb said...

Yaah, begitulah mungkin takdir yang udah digoreskan buat hidup di bumi ini....

September 30, 2008 at 10:18 AM  
Blogger gus said...

Jika hati sejernih air,
jangan biarkan ia menjadi keruh
Jika hati seputih awan,
jangan biarkan ia menjelma mendung
Hanya karena Kang Harris
tak lagi mau,
memaafkan setiap kesalahan Saya

Minal 'aidin wal faidzin..
maafin segala kesalahan.

September 30, 2008 at 1:23 PM  
Anonymous cumie said...

8-} yah dilema in dilema..
susah klo mo tindih 1 / 2 pihak, pasti ada penyebab lain, sama aja ma cerita di rumah waktu mudik kemaren hehe,, ntar dah share jg ah.
wekkee

October 6, 2008 at 9:13 AM  
Anonymous Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009 said...

jadi malu nih, aku jarang sujud :(

April 28, 2009 at 12:41 AM  
Anonymous 168sdbet said...

harus melakukan banyak kebajikan itu realitis, bersujud juga perlu dilakukan....

salam admin : 168sdbet.com

March 4, 2014 at 6:13 PM  
Blogger Abu sigly Ahlussunnah waljamaah said...


terimakasih infonya nih salam sukses sobat muslim
pesawat tempur tercanggih
foto boboyboy air dan api
batu badar emas dan khasiatnya
batu bacan obi asli
manfaat buah jagung untuk kesehatan
manfaat buah saho
manfaat mengkudu bagi kesehatan
batu akik kalimaya
jembatan alami terpanjang didunia
batu biduri bulan dan cara membedakan tiada tempat lain seindah tempat sujud kita

September 6, 2015 at 8:12 AM  
Blogger Vera Aulia said...

Benar2 sangat bermanfaat infonya ??

Resep Ayam Rica-rica Resep Opor Ayam Resep Ayam Bakar Kecap Resep Ayam Bakar Resep Ayam Panggang Resep Ayam Goreng Mentega Resep Ayam Goreng Resep Es Resep Mie Resep Sayur Resep Cake Resep Bolu

September 9, 2015 at 5:46 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home