ハリスBlog

Belajar mendengar, melihat & menulis

June 20, 2009

Repotnya sampah..


Hallo shibaraku ne…
Tak terasa sudah hampir 2 bulan tinggal di negeri sakura. Ada cerita apa yah ?


Islam mengajarkan kepada umatnya bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Di sini mungkin dengan kaidah yang berbeda (entah apa yah..) kebersihan terjaga dengan baik sekali.

Mengelola sampah adalah aspek terpenting yang harus di perhatikan untuk meraih kata ‘bersih’. Sampah di jepang diatur sangat ketat, aturan ini berlaku untuk semua orang, tidak ada diskriminasi.

Pertama, sampah harus dipisahkan, apakah bisa dibakar seperti sisa makanan, kertas. Atau tidak bisa dibakar seperti plastic dan sejenisnya. Sampah yang tidak bisa dibakarkan, masih dipisahkan lagi, berdasarkan jenis sampahnya, apakah botol bekas minuman, plastic dll, ada 9 jenis sampah.
Sampah yang telah kita pisahkan tersebut, dimasukkan ke dalam kantong plastik transparan yang telah di sediakan. Ingat sebelum dimasukkan, sampah harus dalam keadaan bersih, misalnya lunch box & sejenisnya, harus dibersihkan terlebih dahulu.
Jangan lupa pula, menuliskan nama kita & alamat pada plastik transparans yang telah disediakan. Gunanya untuk apa? Hehe..jika sampah kita bermasalah, tidak mengikuti kaidah, sampah tersebut pasti akan dikembalikan lagi kepada pemiliknya.

Kedua, membuang sampah harus disesuaikan dengan waktunya. Sampah makanan dibuang 2x seminggu, sampah jenis plastik dibuang seminggu sekali. Jangan coba-coba membuang sampah tidak mengindahkan waktu buangnya, dijamin, sampah akan dikembalikan lagi kepada pemiliknya.

Susah sekali bukan? Awalnya sih sangat menyusahkan, lama-lama sudah terbiasa koq.
Hasilnya, lingkungan menjadi bersih, sangat bersih sekali. Sehingga malu membuang sampah sembarangan di tempat yang bersih.


Labels:

42 Comments:

Anonymous IT ConsultanT said...

waah...
lagi di jepang yach.
salam kenal.
:D

June 22, 2009 at 2:35 AM  
Anonymous zulva said...

wah perlu diiru nie..
mari kita buang sampah pada tempatnya.. :-)

June 25, 2009 at 9:50 PM  
Anonymous Belajar SEO Para Pemula said...

jepang...
salut,, layak ditiru

June 25, 2009 at 10:56 PM  
Anonymous stop dreaming start action said...

wah sampah bisa banyak gitu ya ...ampunnnn

June 26, 2009 at 1:50 AM  
Anonymous stop dreaming start action said...

mending sampahnya taruh plastik nah kalau berserakan kan lebih jorok

June 26, 2009 at 1:52 AM  
Anonymous wisata seo sadau said...

Kapan Indonesia bisa kayak gini yah? padahal budaya begini yang layak ditiru :D

June 27, 2009 at 4:21 AM  
Blogger h4rIsS said...

@ IT ConsultanT
iya nech, mendamparkan diri di sini dulu

@Zulva
lingkungan bersih, utk kita jg koq :)

@Belajar SEO
utk soal yg satu ini, jepang layak ditiru :p

@Stop Dreaming
itu sampah sminggu, ini siy blm seberapa, ukuran plastiknya medium, bkn large hehe

@Wisata seo
kapan yach? hmm...

June 27, 2009 at 12:10 PM  
Blogger ina said...

wah,,, bagus nie,....

nyaman jg klo linkungan bersih,...

June 28, 2009 at 1:57 PM  
Anonymous Juliawan said...

hmm coba aja kalau misal di indonesia bisa ada teknologi seperti itu mungkin Indonesia bisa jadi negara maju kali ya hahahhaa

June 28, 2009 at 10:35 PM  
Anonymous Rusli Zainal Sang Visioner said...

Report nih, sampah banyak.. apalagi yang produksi sampahnya jor-joran, terutaam perumahan harus dikelola dengan baik..

salam kenal :)

June 29, 2009 at 12:10 PM  
Anonymous DJ Make Money said...

Introduce a new payment system of Paypal, and get Revenue from business with the program just put the logo on the blog or sites that have a PageRank 2 and above, each PageRank 1 multiplied $ 10 per month. Is Free ...

For More Information Read the link below:
http://djmake-money.blogspot.com/2009/06/paid-to-put-logo-from-pecfectmoneycom.html

June 30, 2009 at 3:44 PM  
Anonymous Stop Dreaming Start Action said...

meskipun dibilang sampah, tetep harus kita urus..
bukan kita biarkan terlantar , OK :-)

June 30, 2009 at 9:01 PM  
Anonymous Stop Dreaming Start Action said...

Masalah sampah ini salah satu problem di kota-kota besar.

July 2, 2009 at 7:23 AM  
Anonymous Stop Dreaming Start Action said...

Thanks for sharing this article. It's very nice. Nice to meet you.
Salaam.

July 5, 2009 at 6:05 PM  
Anonymous Belajar SEO Para Pemula said...

nice post...
salam kenal..

July 14, 2009 at 11:24 AM  
Anonymous mobil bekas said...

Bener-bener disiplin dan jujur yah.. kalau diIndonesia mungkin dah ditulis nama tetangga sebelah kali di plastiknya :))

July 16, 2009 at 5:11 PM  
Anonymous Stop Dreaming Start Action said...

blog ini sangat informatif, minta ijin tak bookmark d komputerku...

July 18, 2009 at 9:43 PM  
Anonymous king said...

wampah lagi sampah lagi... emmnag gak da matinya

July 21, 2009 at 11:56 PM  
Anonymous Stop Dreaming Start Action said...

walaupun udah di bilang sampah (barang tak terpakai) harus teteP kita perhatiin :-)

August 16, 2009 at 11:28 AM  
Anonymous All About Life said...

sukses selalu sob....thnks infonya yah...
MERDEKA......

August 18, 2009 at 10:56 AM  
Anonymous Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang said...

kalo saya pake plastik hitam ukuran 50kg biar sampahnya ga terlalu menakutkan ^_^

August 19, 2009 at 4:17 PM  
Anonymous puisi cinta said...

daur ulang kalo ngga dibikin pupuk...
lebih baik tuh...

August 21, 2009 at 2:17 AM  
Anonymous mobil said...

wuih keren!! oh itu ya yang namanya hari buang sampah yangs elalu ada dikomik2 jepang..? ckckcck.. ribet bgt yak... tapi jadi bersih gitu enak bgt ==... ah saia juga mau kejepang ehehe

August 26, 2009 at 11:50 AM  
Anonymous iklan baris said...

jgn buang sampah sembarangan,buanglah sampah pada tempat nya,kesadaran itu membuat kita tidak kotor n terlindungi dr kuman penyakit,:D

August 31, 2009 at 11:28 PM  
Anonymous Iklan Baris Gratis said...

Ngapain tu di Jepang??? :)

September 5, 2009 at 8:08 PM  
Anonymous peluang usaha said...

beda banget jepang ama indonesia ya.......
di jepang disiplin banget

September 12, 2009 at 2:06 AM  
Anonymous The Baby said...

wah ini kudu ditiru sama orang Indonesia!!! biar jadi budaya. kalau sudah jadi budaya patenkan aja agar nggak ditiru sama Negara sebelah yang "doyan" klaim budaya orang.

September 12, 2009 at 6:47 PM  
Blogger Elsa said...

gile bener ya orang jepang nih...
coba Indonesia bisa kayak gitu.

September 30, 2009 at 1:04 PM  
Blogger h4rIsS said...

@Ina
bersih itu memang nyaman :)

@Juliawan
yg pertama adalah niat, kayaknya blm ada niat tuch

@Rusli Zainal
banyak gpp asal tertib

@Stop Dreaming
Setuju!

@Mobil Bekas
Sempet kepikiran jg siy kayak gt haha

@King
Hidup Sampah! :)

@Kenali Objek Wisata
Sampah apa sampe 50kg hehe

@Puisi Cinta
Yup, sampah plastik di daur ulang, sampah organik/sisa makanan, dibakar.

September 30, 2009 at 6:21 PM  
Blogger h4rIsS said...

@Mobil
Sampahnya aja keren :p

@Iklan baris
setuju

@Peluang usaha
memang beda bro..:)

@The Baby
hehe yg bagusnya harus diambil, yg buruknya dibuang

@Elsa
ini gila yg positif :)

September 30, 2009 at 6:23 PM  
Anonymous Living Room Furniture said...

Excellent post. I’m actually surprised the use of blogs and wikis isn’t higher.

January 16, 2010 at 3:28 AM  
Anonymous dog tags said...

I guess we have to blame the marketers for being so creative and convincing.

February 3, 2010 at 8:45 PM  
Anonymous Custom T-Shirts said...

mending sampahnya taruh plastik nah kalau berserakan kan lebih jorok

March 24, 2010 at 2:56 PM  
Anonymous Daging Bebek said...

harusnya di Indonesia juga kyk gitu kali ya... biar lingkungan jadi bersih dan pengolahan sampah menjadi mudah..

September 17, 2010 at 2:46 PM  
Anonymous hasan said...

kan bisa di daur ulang??
thanks,..

September 23, 2010 at 5:41 PM  
Anonymous obat herbal kanker payudara said...

waah bener bener negara yang mementingkan kebersihannya,,,salut juga nih,,,coba di indonesia ,,sampah dimana mana,,,jadinya banjir juga dimana mana,,kapan ya negara kita bisa bersih dari sampah dan cara penanggulangannya mengatasi sampah,,,,susah juga,,

March 31, 2011 at 11:54 AM  
Anonymous obat herbak keputihan menahun said...

kebersihan sebagian dari iman,,,mulailah dari hal terkecil dengan membuang sampah pada tempatnya agar tercipta suasana yang bersih asri dan rindang,,,,makasih dah berbagi info ,,moga jadi insfirasi bg smua orang,,

March 31, 2011 at 11:56 AM  
Anonymous obat herbal stroke said...

sedikit sedikit lama lama menjadi bukit,,cobalah untuk terbiasa membuang sampah pada tempatnya,,agar tercipta lingkungan bersih ,asri dan rindang,,

April 28, 2011 at 3:28 PM  
Anonymous obat tradisional gondongan said...

klo sekarang mah banyak yang kreativ ,,sampah plastik bekas,dibuat tas dan lainnya,,itu yang lebih baik dan lebih kreativ moga bisa jadi insfirasi memanfaatkan sampah menjadi lebih berguna,,

April 28, 2011 at 3:33 PM  
Anonymous wicker furniture said...

jangan dibakar sampah plastik tuh..., tapi dijadikan bahan kerajinan sampah plastik... banyak kok tutorialnya di internet...

June 11, 2011 at 7:47 PM  
Anonymous Harga Umroh said...

semoga Indonesia bisa meniru jepang untuk hal positif yg satu ini, dijamin deh Bantar Gebang pasti keadaannya lebih enak dipandang daripada yang sekarang ini..

March 10, 2012 at 10:20 AM  
Blogger Abu sigly Ahlussunnah waljamaah said...


terimakasih infonya nih salam sukses sobat muslim
pesawat tempur tercanggih
foto boboyboy air dan api
batu badar emas dan khasiatnya
batu bacan obi asli
manfaat buah jagung untuk kesehatan
manfaat buah saho
manfaat mengkudu bagi kesehatan
batu akik kalimaya
jembatan alami terpanjang didunia
batu biduri bulan dan cara membedakanthank gan

September 6, 2015 at 7:59 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home