ハリスBlog

Belajar mendengar, melihat & menulis

September 21, 2009

Sabar dan Ikhlas..

Apakah yang akan kita rasakan? Gerangan apa yang kita lakukan apabila sebuah kabar menakjubkan datang, melintasi bentangan samudera sejauh ribuan kilometer. Istri -sebuah anugrah yang baru saja beberapa waktu yang lalu dilimpahkan oleh Allah swt- menyampaikan sebuah berita bahwa ada janin dalam perutnya.
“Alhamdulillah ya Allah!”puji & syukur seketika meledak. Rasa takjub & haru memenuhi dada, air mata syukur meleleh membasahi pipi, sujud dan bersimpuh di hadapan Nya seraya memohon ampun atas segala dosa yang telah dilakukan, membayangkan tanggung jawab yang tiada taranya menanti di depan.

Lalu..gerangan apa yang terlintas dalam pikiran kita? Apa yang akan kita lakukan ketika dalam waktu yang tak lama berselang, segala harapan, asa itupun pupus, karena ternyata Allah swt berkehendak lain. Air mata pun menggantung di kelopak mata, sesekali menetes di pipi. Tenggorokan sakit menahan tangis. Hendaknya bibir mengucap “inna lillahi wa inna ilaihi Rojiun” seraya bersikap sabar dan ikhlas, memohon kepada Allah swt agar menggantinya dengan yang lebih baik lagi.

Hidup ini, tidak akan lepas dari nikmat maupun cobaan, yang pada hakekatnya merupakan ujian dari Allah swt. Ujian sebagai sebuah kepastian atau bukti yang nyata, apakah kita merupakan hamba-hambaNya yang bersyukur, sabar & ikhlas atau hamba-hambaNya yang kufur, berkeluh kesah dan berputus asa.

Dibalik sebuah nikmat yang kita terima, seperti memperoleh jabatan, rezeki, ataupun dikaruniai anak, sesungguhnya semua itu merupakan ujian dari Allah. Namun ketika memperoleh nikmat seringkali kita lupa bahwa kita sedang berada dalam keadaan diuji. Kita tanpa sadar hanya merasa bahwa Allah swt sayang kepada kita, ketika limpahan nikmat itu, sedang kita rasakan, dan merasa Allah berlaku tidak adil dan membenci kita ketika musibah datang mendera.

Sesungguhnya tidak demikian, Allah swt telah mengaruniakan nikmat yang tidak akan pernah sanggup dihitung oleh manusia, dan Allah memberikan sedikit cobaan agar manusia mengambil hikmah dan pelajaran darinya, dan membuat manusia menjadi sabar dan ikhlas dalam menjalani hidup yang fana ini..

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS2:155-157)

Labels:

23 Comments:

Anonymous Abi said...

Subhanallah artikel yg sangat inspiratif :), dan sekalian mau ucapkan, Minal Aidzin Wal Faidzin Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H

September 23, 2009 at 8:19 AM  
Anonymous akhatam said...

Subhanalloh... bagus artikelnya... semoga blog ini semakin maju... Amin...

September 24, 2009 at 3:45 PM  
Anonymous venie said...

“inna lillahi wa inna ilaihi Rojiun”

September 24, 2009 at 8:25 PM  
Anonymous Iklan gratis said...

Artikel yang bagus banget, terima kasih sudah memberi tau dan memperingatkan, semua memang begitu, kita harus iklas dan sabar, baik diberi cobaan ataupun di beri nikmat.
dan kita harus berdoa supaya mendapatkan kebaikan.
selamat idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.
Iklan Gratis

September 24, 2009 at 9:32 PM  
Anonymous MINYAK ANGIN AROMATHERAPY said...

jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu.
(Quran)

September 27, 2009 at 10:37 PM  
Anonymous dog collar said...

thanks infonya mampir lagi sekalian tukaran link banner and follow yuk.

February 16, 2010 at 5:53 AM  
Anonymous Nebraska Drug Rehab said...

datang di blog ku aja low mau tau lebh lanjut!

February 19, 2010 at 2:54 PM  
Anonymous omdhani said...

cakep, ane gk bisa berkata apa2.

June 27, 2010 at 12:35 AM  
Anonymous cosmeticdentistryguide.co.uk said...

This is fantastic information for blog. I really love the way infomration presented in your post. I have added to you in my social bookmark…and i

am w8ing ur next post.

July 3, 2010 at 3:57 AM  
Anonymous inspirasimu said...

dalaem banget..mantabs..

December 6, 2010 at 11:24 AM  
Anonymous phone said...

mantep tu ceritanya

February 8, 2011 at 7:22 PM  
Anonymous obat herbal hepatitis said...

info yang keren dan tentunya sangat berguna dan membantu,,,makasih dah berbagi infonya,,,

March 31, 2011 at 11:37 AM  
Anonymous obat herbal jantung koroner said...

hidup ini tidak akan lepas dari nikmat maupun cobaan,yang pada hakekatnya adalah ujian dari Alloh SWT,,

March 31, 2011 at 11:42 AM  
Anonymous obat herbal penyakit tipes said...

kita harus lebih mensyukuri apa yang Alloh kasih buat kita,,,

April 28, 2011 at 3:19 PM  
Anonymous obat tradisional penyakit liver said...

kita harus lebih sabar dan ikhlas menjalani perjalanan hidup ini meski suka dan duka,,mugkin saja suatu saat nanti kita akan mendapatkan sesuatu yang berharga,,

April 28, 2011 at 3:24 PM  
Anonymous artikelpenjas said...

sabar adalah langkah perta dalam menghadapi suatu masalah...
yg sabar nggak bakalan bubar!!

July 22, 2011 at 1:10 AM  
Anonymous suaraterbaru said...

benar gan..
sabar adsalah kunci kesuksesan..

July 22, 2011 at 1:13 AM  
Anonymous kitchens said...

Hi
I’m impressed! Your strategy is outstanding; Thanks for setting me straight with quality information. You're just extremely excellent!
With Best Wishes
bedroom | sofa | kitchen | bathroom | living room

September 17, 2012 at 1:54 PM  
Anonymous Sundulbet said...

kita harus menjalani hidup dengan sabar dan ikhlas, sabar adalah kunci kesuksesan...

salam Admin : Sundulbet.com
www:sundulbet.com mohon untuk kunjungannya.

February 26, 2014 at 6:04 PM  
Anonymous Sundulbet said...

info yang keren dan tentunya sangat berguna dan membantu,,,makasih dah berbagi infonya,,,

March 2, 2014 at 5:54 PM  
Anonymous tenaga dalam said...

makasih sudah berbagi info yang berguna, sebagai manusia kita hendaknya harus sabar dan ikhlas karena sabar merupakan kunci sebuah kesuksesan. salam sukses

December 2, 2014 at 1:41 PM  
Blogger Anita Tri Ulina said...

Insya Allah Sukses Selalu. Silahkan Klik Tautan Dibawah Ini :
Toko Online HerbalKing Obat HerbalGudang Obat HerbalJual Obat HerbalJual HerbalJual Produk HerbalJual Herbal MurahHerbal BandungProduk HerbalHerbal HabbatsAozora Shop Onlinetoko onlineJual Baju AnakJual Baju BayiJual Baju DewasaJual Sepatu BayiJual Sepatu anak AnakJual Sepatu DewasaJual Perlengkapan BayiJual Perlengkapan Anak AnakJual Perlengkapan DewasaTupperwareTupperware MurahTupperware UpdateTupperware Bandung juaraJual TupperwareKatalog TupperwareJual Online TupperwareTupperware ResepTupperware katalog baruRaja Tupperware BandungCollection TupperwarePenyakitObatbusinesKesehatanHot NewsDownload E-bookKhasiat dan ManfaatHidup SehatDokter HerbalPenyakit

May 19, 2015 at 1:10 PM  
Blogger Anita Tri Ulina said...

Link Puasa jadwal imsakiyahjadwal imsakiyah 2015jadwal imsakiyah BandungDownload jadwal imsakiyah jadwal imsakiyah 1436imsakiyah Bandungjadwal Buka Puasajadwal Puasajadwal Puasa Bandungjadwal Puasa 1436jadwal imsakiyahjadwal imsakiyah 2015jadwal imsakiyah BandungDownload jadwal imsakiyah jadwal imsakiyah 1436imsakiyah Bandungjadwal Buka Puasajadwal Puasajadwal Puasa Bandungjadwal Puasa 1436jadwal imsakiyahjadwal imsakiyah 2015jadwal imsakiyah BandungDownload jadwal imsakiyah jadwal imsakiyah 1436imsakiyah Bandungjadwal Buka Puasajadwal Puasajadwal Puasa Bandung

May 19, 2015 at 1:13 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home